Jumat, 06 Mei 2011

slamat pagi...
assalamualaikum

Kesempatan kali ini aQ akan mengupas sedikit tentang apa dan bagaimana sich sebenarnya hp BM itu ?
Trus, apkah benar hp bm itu cepat rusak ?
Yapzz… pagi yang cerah ini, sebenarnya saya udah ga sabar mau pulang kampong
Hehehehee…
Tapi sebelum p[ulang harus ngejob dulu, hbiz tu baru izin dan cabiut dech…
Ok, kmbali ke laptop___!!!
Ya, bukan barang atau berita baru lagi tentang keberadaan produk elektronik yang di sebut BM yang beredar dipasaran khususnya di kota Batam. Apalagi sejak status Batam resmi jad kawasan dan pelabuhan bebas di Indonesia.

BM atau lebih lenmgkapnya disebut Black Market adalah proses memasukkan barang dari luar dengan tanp izin atau dokumen resmi dari kepabeanan, atau bea cukai la Y. nah sehingga, barang yang masuk ini bebas dari pemeriksaan maka tidak dikenakan pajak masuk. Sebenarnya bias juga dibilang barang selundupan lah.
Trus pasti timbul pertanyaan kan , “loh, kok bias Y ? gmana caranya ?. nah itu saya kurang tau juga, namun dari informasi yang saya peroleh, ini memng ada kaitannya antara kongkalikong pemain utama dan phak beacukai itu sendiri, baik yang di sananya maupun disinya.
Sebenarnya ada beberapa hal yang mendasari orang untuk melakukan hal ini, dan beberapa diantaranya adalah,
1.       Karena barang tersebut tdak dipasarkan didaerahnya
2.       Kemudian, mskipun didaerahnya ada, namun didaerah lain ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang sama.
3.       Untuk memenuhi tren pasar.
Nah apalagi ni Y Batam kan deket banget tu ma Singapore, nah makanya banyak bnget barang BM Singapore yang diedarkan di batam. Karena harga2 produk elektronik khususnya, di sana memang jauh lebih murah di banding di Indonesia, Y emang ga semua sich..
Kemudian, biasanya para vendor2 terkemuka itu, meluncurkan produknya untuk pasar Asia, biasanya di Singapur duluan. Nah jadinya eksklusif dunk kalo ada orng Indo yang pake duluan.
Tapi ni Y kawan2, barang2 itu secara kualitas sama sekali ga ada beda, Cuma, kartu garansinya mmang dilenyapkan, jadi Cuma itu bedanya. Kalo masalah paket, Y memang disetiap Negara ga sama, ada yang ada ini tapi ga ada itu, pokok na gitu lah.
Trus, kalo dihitung2 untung mana sich beli BM dengan GARANSI resmi ?
Hitung2an aQ nih , gini Y.
Missal beli  NOKIA X6 16GB ni. Kalo yang GARANSi resmi kan 3,3 jt tu, nah kalo beli ma aQ yang BM Cuma 2,8 jt. Bedanya kan ampe 500.000,- tuh.
Sebenarnya garansi itu asuransi, jadi Y itu td kita hrus byar yg 500rb na kan, missal dalam sthun pmakaian hp kita ga ada rusak ? rugi dunk udh bayar 500rb. Bener Ga ?
Kalo missal  beli BM trus rsak gmana ?
Nah kan emang ada slisih hrga td, msal rusak LCD trus byar 400 rb, loh tambahin aja, msih ttep lbih mrah kan ?
Nah begitu lah hitung-hitungan na kawan,tapi ada lo yang BM harganya terpaut ampe jutaan, ada juga yang Cuma bberapa puluh ribu aja.
Tapi Y udah deh, dah cape ngetik ni, semoga artikel ini bermanfaat.
Oh Y, jangan terkecoh ama yang jual Hp BM yang muraaaaaaaah banget itu Y, dpet dipastikan itu pnipuan lo, krna pling jauh itu, hrga na terpaut 1,5 jt aja, itupun type2 tertentu aja.
Ok ?
Makasih.